Event

Pembukaan dan Serah Terima Mahasiswa Program Praktikum Pengembangan Lapangan (PPL) dan Pelatihan Kader Mufassir Muda IAIN Salatiga oleh LSQH UIN Sunan Kalijaga

257 0 22 Agustus 2019
Penulis
Tidak ada bio

Senin (12/08/2019) telah berlangsung acara pembukaan dan penyerahan Mahasiswa PPL dan Pelatihan Kader Mufassir Muda dari Dekanat Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora IAIN Salatiga kepada LSQH UIN Sunan Kalijaga. Selain ditujukan untuk memenuhi kewajiban Praktikum Pengembangan Lapangan di kampus, agenda ini lebih jauh memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi kepenulisan para mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir di IAIN Salatiga. Target utama yang hendak dicapai dari pelatihan yang diagendakan berlangsung selama 12-23 Agustus 2019 ini adalah agar terciptanya sebuah buku penafsiran al-Qur’an dengan surat al-Hujurat sebagai obyek kajiannya. Sejumlah 14 mahasiswa dan mahasiswi yang akan menjadi peserta dalam pelatihan ini hadir dalam acara pembukaan dengan didampingi oleh Wakil Dekan II Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora (FUADAH) serta Ketua Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) IAIN Salatiga.

Sambutan pertama disampaikan oleh Dr. Ghufron selaku Wakil Dekan II Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora IAIN Salatiga. Dalam sambutannya beliau menyampaikan sejumlah poin penting. Pertama, bahwa kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturrahmi antara kedua kampus. Kedua, bahwa program ini merupakan program wajib untuk mahasiswa dalam rangka memenuhi Program Pengembangan Profesi sebagai sebuah mata kuliah yang memenuhi 4 SKS. Ketiga, bahwa kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk memperkaya wawasan mahasiswa seputar dunia kepenulisan sekaligus mempraktekkannya secara langsung.

Sambutan kedua disampaikan oleh Dra. Tri Wahyu Hidayati selaku Ketua Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir IAIN Salatiga. Dalam sambutannya beliau menyebutkan bahwa program PPL dan Pelatihan Kader Mufassir Muda IAIN Salatiga ini merupakan representasi dari Pembentukan Profil Lulusan yang ditargetkan oleh Direktorat Pendidikan Kementerian Agama RI. Profil Lulusan yang dimaksud ialah terbentuknya Mufassir Pemula, Pentashih al-Qur’an, Asisten Peneliti, Tenaga Pendidik Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, dan Penyuluh di bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Adapun Kegiatan Pelatihan Kader Mufassir yang akan diselenggarakan nanti adalah penerapan dari target pementukan Profil Lulusan yang pertama, yaitu Mufassir Pemula.

Sebagai Penutup, Dr. Adul Mustaqim, S.Ag. M.Ag. selaku Ketua Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir UIN Sunan Kalijaga memberikan sambutan sekaligus menerima secara resmi kedatangan mahasiswa-mahasiswi PPL dan Pelatihan Kader Mufassir Muda IAIN Salatiga di UIN Sunan Kalijaga. Beliau menyampaikan bahwa program yang akan dilagsungkan selama 12 hari ke depan esensinya bukanlah suatu proses belajar-mengajar yang melibatkan guru dan murid, melainkan sebagai suatu proses pertukaran informasi dan belajar bersama (learning together). Beliau melanjutkan bahwa dari kegiatan ini nantinya akan terjadi suatu hubungan yang saling memberikan manfaat (mutual relationship) antara kedua belah pihak, serta dapat meningkatkan akreditasi prodi masing-masing.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama dan perkenalan antara para peserta dan panitia.

Komentar (0)

Tidak ada komentar